Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Media Pembelajaran Berbasis PBL pada Materi Sel Eukariotik dan Prokariotik
Pendahuluan: Pendekatan baru dalam pembelajaran menjadi semakin penting untuk memotivasi mahasiswa Pendidikan Biologi Fakutas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya dalam memahami dan menguasai materi kuliah bab topik sel. Salah satu metode pembelajaran yang inovatif dan efektif adalah Problem Based Learning (PBL). PBL memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari konsep-konsep yang abstrak melalui pemecahan masalah nyata. Mahasiswa diminta membuat proyek sel sel eukariotik dan prokariotik.Pengenalan PBL: Problem Based Learning (PBL) adalah sebuah pendekatan pembelajaran di mana mahasiswa terlibat aktif dalam memecahkan masalah yang kompleks. Dalam konteks pembelajaran sel eukariotik dan prokariotik, PBL memungkinkan siswa untuk memahami struktur dan fungsi sel melalui situasi atau masalah yang relevan dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan ini mendorong siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan komunikasi.
Dalam penerapan media pembelajaran pada materi sel eukariotik dan prokariotik, mahasiswa diberikan skenario atau masalah yang terkait dengan sel-sel ini. Mahasiswa pendidikan biologi nantinya setelah lulus akan menjadi guru biologi sehingga harus diberkali agar terampil dalam membaut media pembelajaran yang berhubungan dengan biologi untuk meningkatkan motivasi belajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Pembelajaran ini mendorong siswa untuk terlibat aktif, meningkatkan pemahaman mereka tentang sel eukariotik dan prokariotik, dan memotivasi mereka untuk belajar dengan cara yang lebih efektif.